Kolaborasi Antar Muka Ototmotif Multimedia adalah sebuah
organisasi yang dibentuk untuk menciptakan standarisasi dunia yang
digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah perangkat elektronik dapat bekerja.
Contoh Komputer dan alat komunikasi kendaraan atau computer dan radio
dalam mobil. Satiap alat elektronik itu harus dapat bekerja dengan selaras
sehingga kendaraan dapat lebih handal.
Setiap perangkat elektronik yang dipasang belum tentu cocok
dengan setiap kendaraan. Perangkat elektronik atau multimedia bias saja
mengganggu system keselamatan dan system-sistem lain di dalam kendaraan. Itulah
kenapa perlu dibentuk standarisasi kolaborasi antarmuka multimedia.
Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) sudah
memiliki anggota : Fiat, Ford, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA
Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C mengembangkan dan men-standarisasi antarmuka
multimedia dan telematika otomotif yang umum untuk jaringan komunikasi
kendaraan. Dan 40 pemasok elektronik mendaftarkan diri untuk menulis standar.
Mereka berpendapat untuk menulis standar diperlukan waktu selama 2 tahun. Tapi
dua tahun adalah masa di telematika. Penyelenggara elektronik, ponsel, komputer
dan peralatan video yang akan menggunakan koneksi dapat melewati beberapa
generasi dalam waktu itu.
Standar-standar akan memungkinkan sebuah pasar plug-and-play
global untuk perangkat elektronik yang akan dipasang di kendaraan dengan
kemudahan yang sama dengan melampirkan pheriperal komputer pribadi.
Sejarah
AMIC
The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC)
didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian
spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan
bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di
dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General
Motors, Renault dan Toyota – sekarang kelompok semua auto utama pembuat, dan
dengan demikian menyediakan kesempatan strategis baru untuk mencapai suatu set
umum industri mobil.
Untuk berbagai alasan, kendaraan telah tertinggal di
belakang rumah dan perangkat komputasi mobile ketika datang ke alat
produktivitas dan multimedia. Keamanan, kehandalan, biaya, dan desain waktu
memiliki semua faktor dalam produsen mobil ‘menunda penerimaan teknologi baru.
Makalah membahas otomotif standar untuk antarmuka multimedia. Organisasi
seperti Otomotif Kolaborasi Multimedia Interface (AMI-C) memiliki kesempatan
untuk menjadi kekuatan pendorong di belakang upaya standardisasi.
Depan yang berbeda, The Otomotif
Multimedia Interface Kolaborasi(AMI-C) mengumumkan di seluruh dunia cipta
penugasan dari 1394 spesifikasi teknis otomotif ke Trade Association 1394 AMI-C
berikut dokumen sekarang milik 1394TA:
•AMI-C 3023 Power Management Specification
•AMI-C 3013 Power Management Architecture
•AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set Power Management
•AMI-C 3034 Power Management Test Documents
•AMI-C 4001 Revision Physical Speci .cation.
•AMI-C 3023 Power Management Specification
•AMI-C 3013 Power Management Architecture
•AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set Power Management
•AMI-C 3034 Power Management Test Documents
•AMI-C 4001 Revision Physical Speci .cation.
Tujuan
Tujuan dari proyek ini ialah sebagai berikut :
Tujuan dari proyek ini ialah sebagai berikut :
- Menyediakan interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi - dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
- Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
- Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan - industri otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
- Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.
Contoh kelebihan dan kekurangan
- KELEBIHAN AMI-C
Menyediakan interface yang berstandar, sehingga memungkinkan
seorang pengendara kendaraan (mobil) dapat menggunakan perangkat lain melalui
berbagai media, komputer, perangkat komunikasi dari sistem navigasi dan
handsfreeyang biasa digunakan pada telepon selular, termasuk pengenalan suara
sintesis yang berfungsi untuk komunikasi jarak dekat untuk dipersembahkan
komunikasi jarak dekat (DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur
komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input /
output. Meningkatkan berbagai macam pilihan yang dapat digunakan oleh user dan
juga untuk mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
Memotong
biaya yang dikeluarkan untuk keseluruhan informasi kendaraan dan juga peralatan
hidubran dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu
pengembangan industri otomotif efektif. Karena banyak jumlah kendaraan
yang sering mengandung berbagai adat mengembangkan komponen dan platfor yang
khas hanya sekitar 50.000 unit. Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi bagi
informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dengan dunia luar.
- KEKURANGAN AMI-C
Dengan system AMIC ini harga jual dari kendaraan yang
terdapat pada system ini pasti di jual dengan harga mahal.
Saran
Pada dasarnya kolaboasi antarmuka otomotif multimedia itu
sendiri adalah sebuah organisasi yang mana organisasi ini dibentuk guna
menciptakan standarisasi dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah
perangkat elektronik dapat bekerja sebagaimana yang diharapkan. Dimana setiap
alat elektronik ini harus dapat bekerja dengan selaras sehingg kendaraan dapat
lebih handal ketika digunakan.
Sebelum
memasang perangkat ini, alangkah baiknya untuk terlebih dahulu mencocokkan
dengan jenis atau tipe kendaraan yang digunakan, karena pada dasarnya belum
tentu perangkat yang akan dipasang akan selalu cocok dengan kendaraan yang
digunakan, karena itulah perlu dibuat standarisasi kolaborasi antarmuka
multimedia.