Forensick

Forensick

Sunday, May 22, 2011

Mengenal senjata Famas (Clarion)


Keterangan :

Famas singkatan Fusil d'Assaut de la Manufacture d'Armes de St-Etienne (Assault Rifle By St-Etienne Arms Factory - a member of the french govt. Owned GIAT Industries Concern).
Pengembangan senapan ini dimulai pada tahun 1967, di bawah kepemimpinan Tellie Paulus, seorang desainer senjata Perancis. FAMAS prototipe telah dibangun pada tahun 1971. militer Perancis mulai untuk menguji senapan ini di 1972-73, sementara itu, Perancis mengadopsi SIG dirancang Swiss-SG-540 5.56mm senapan serbu sebagai solusi intermediate. Senapan FAMAS diadopsi oleh Perancis pada tahun 1978 dan sejak itu menjadi standar Tentara,  FAMAS lebih dikenal oleh para prajurit Prancis sebagai "Le Clairon" (tonjolan). Sejak itu, GIAT Industries mengembangkan versi perbaikan dari F1, yang dikenal sebagai G1. Karena banyak kekurangan maka G1 digantikan oleh model produksi terbaru, FAMAS G2, yang muncul sekitar tahun 1994. Senapan serbu FAMAS dibangun menggunakan layout bullpup, dengan magazine di belakang pegangan dan pemicu.

Unit mekanisme penembakan yang terkandung dalam wadah amunisi dilepas tepat di belakang port magazine. Tambah tiga putaran semburan modul dibangun kedalam wadah mekanisme menembak,dengan pemilih tambahan dibawah perumahan ,diblakang majalah, yang memungkinkan untuk api otomatis unlimited penuh atau tiga putaran burst mode (jika pemilih utama dalam modus otomatis penuh).
Sistem penampakan dari famas terdiri dari pisau dan pemandangan diopter blakang,disesuaikan untuk rentang dan dengan dua flip-up lubang,untuk visibilitas yang baik dan kondisi cahaya rendah. Kedua pemandangan sudah terpasang pda pilar,yang pada giliran nya dipasang pada unit penerima,dan tersembunyi oleh plastik besar tercatat menangani. Menangin pelaksanaan memiliki ketentuan untuk mounting weaver atau bisa melihan picatinny-gaya .sebuah receiver khusus juga tersedia dengan pemandangan integral dasar bukan membawa pegangan.
Laras Famas standar adalah 488 mm dan memliki flash hider 22 mm NATO standar diameter, yang juga digunakan untuk meluncurkan geranat senapan dari monocong nya. Fakta lain yang menarik tentang barel Famas adalah bahwa hanya 3 rumpun ( sementara sebagian besar senapan lainya telah sampai 4atau 6 alur).
The "Commando" varian memiliki laras lebih pendek yang tidak dapat digunakan untuk meluncurkan granat.
Baik standar versi Commando dapat dipasamh dengan peluncuran granat 40mm M203 underbarrel,jika diperlukan. Setiap senapan FAMAS (kecuali untuk "pistol mitraliur" versi terpendek) dapat dilengkapi dengan lipat, bipods ringan  yang dapat dilipat sepanjang tubuh pistol jika tidak digunakan. Pada kebanyakan senapan bipods ini dilengkapi sebagai standar. Setiap senapan FAMAS dilengkapi dengan sling tercatat dan dengan bayonet dilepas.

SPEC :

Caliber                    - 5.56mm NATO (.223rem)
Action                     - Delayed blowback
Overall length          - 757 mm
Barrel length            - 488 mm
Weight                    - 3.61 kg with empty magazine / 3.8 kg with empty magazine
Magazine capacity   - 25 rounds (proprietary) / 30 rounds (STANAG)
Muzzle velocity        - 960 m/s / 925 m/s
Rate of fire               - 900-1000 rounds per minute / 1000-1100 rounds per minute
Effective range          - 300 meters / 450 meters
 

No comments:

Post a Comment